Senin, 01 Februari 2010

Sama-sama Roda tiga, Tapi.......

Baru-baru ini santer terdengar bahwa Pemprov DKI Jakarta melalui aparatnya menyita puluhan kendaraan beroda tiga khususnya BEMO. Operasi pembersihan ini dilakukan di daerah Grogol, Jakarta Barat.

Banyak pertanyaan yang muncul dalam kepala Saya, mengapa Pemprov bersikap demikian? Apakah tidak ada solusi yang diberikan kepada "pengusaha" BEMO ini? Berarti pengangguran bertambah lagi donk ?

Setelah Saya cari-cari informasi lewat internet (browsing gt dh) saya baru tahu ternyata ada landasan hukum yang melarang BEMO untuk beroperasi di kawasan jalan protokol. Perda no.8 tahun 2007 tentang ketertiban umum menyebutkan bahwa BEMO, BAJAJ, BECAK DILARANG BEROPERASI di jalan-jalan protokol JAKARTA.

Oke, Pemprov berarti bertindak sesuai hukumnya. Tapi, alangkah baiknya jika bersikap adil. Jangan hanya BEMO saja yang disita, kan masih ada BAJAJ (bukan motor merk BAJAJ lho...) yang sama-sama roda tiga. Menurut saya lebih baik BAJAJ yang disita daripada BEMO. BAJAJ itu lebih banyak menghasilkan polusi udara dan suara, kalau lagi jalan mirip penyemprot nyamuk fogging. Asapnya gak nahan buukkk..... Udah gitu, sopir BAJAJ gak tahu aturan, apa aja di libas. Hufffffff.....

Tapi yang paling baik lagi kalau jenis kendaraan ini memang harus di musnahkan. Setuju gak??

Dalam artian Pemerintah memberikan atau mensubsidi kendaraan sejenis yang ramah lingkungan. Dulu kan ada tuh yang namanya KANCIL, kendaraan umum roda empat yang ramah lingkungan. Terus ada BAJAJ BBG (Bahan Bakar Gas) itu lebih baik kan.... Daripada uang dipakai buat ganti mobil super mewahnya para menteri, renumerasi gaji pejabat negara, mending dibuat untuk pengadaan dan peremajaan kendaraan umum. Jadi pada senang kan...... Pengusaha angkutan senang, rakyat juga senang....

Kalau transportasi di Jakarta ini nyaman dan aman, mobilitas masyarakat juga akan lebih cepat dan juga bisa mengurangi kepadatan kendaraan bermotor yang ada.

Semoga saja ini bisa diwujudkan.

3 komentar:

  1. bos,..,yang benar "remunerasi" bukan renumerasi.,.,ha8x,,. nice article,..,.,

    BalasHapus
  2. yo, sorry-sorry......
    tq yo dah baca...

    BalasHapus
  3. bro ni kah blog km???

    sering -sering update bro
    ayo....
    xixixixixi

    BalasHapus